Jumat, 14 September 2018

Hewan Berdarah Dingin dan Panas beserta Contohnya

Jenis Jenis Binatang Di Dunia - Beberapa macam hewan berdarah dingin, seperti reptil, akan menjemur badan mereka tegak lurus pada arah matahari hingga jumlahnya cahaya matahari yang jatuh ke kulit jadi lebih optimal. Saat reptil terasa sangat panas dibawah cahaya matahari, mereka akan pergi ke tempat yang teduh serta buka mulut mereka lebar-lebar, kemuadian akan masuk ke liang dalam tanah.
Hewan Berdarah Dingin dan Panas beserta Contohnya
Hewan berdarah dingin ialah hewan yang mengeset suhu didalam tubuhnya sama dengan suhu di lingkungannya serta langkah hewan menyesuaikan dengan lingkungannya. Menjadi suhu badan hewan berdarah dingin kira-kira sama juga dengan suhu lingkungannya. Arti lainnya dari hewan berdarah dingin ialah poikiloterm. Yang termasuk juga ke grup hewan berdarah dingin ialah Hewan berdarah dingin akan menjemur tubuhnya dibawah cahaya matahari tingkatkan suhu badan dan untuk tingkatkan skema metabolisme badan mereka.

Beberapa macam hewan berdarah dingin, seperti lebah serta capung akan menggigil untuk mengawasi suhu tubuhnya supaya masih hangat saat cuaca di lingkungannya tengah dingin. Saat musim dingin, ikan akan ke arah ke perairan yang lebih dalam atau beralih ke daerah perairan dengan suhu yang lebih hangat. Akan tetapi tidak semua ikan akan beralih ke daerah yang lebih hangat. Beberapa macam ikan mempunyai semacam protein yang bisa mengawasi suhu badan mereka bertahan dari cuaca yang begitu dingin.

1. Karakter Hewan Berdarah Dingin 


Bila dibanding type hewan berdarah panas, hewan berdarah dingin mempunyai karakter seperti berikut.


  • Ganti kulitnya – Salah satunya keunikan hewan berdarah dingin setelah itu kekuatannya untuk bertukar kulit. Hewan berdarah dingin akan lakukan perubahan kulit untuk meremajakan dan ganti jaringan kulitnya. 
  • Mempunyai pergerakan badan yang cepat – Bila dibanding dengan type hewan berdarah panas, hewan berdarah dingin mempunyai gerakan badan yang bertambah cepat. Menjadi contoh, ikan serta belalang akan memberi tanggapan dengan terbang atau berenang secara cepat jika terasa terancam. Akan tetapi, hewan berdarah dingin mempunyai skema durabilitas yang lemah, mereka juga lebih gampang disergap saat diburu oleh predator yang lebih kuat. 
  • Bisa bertahan hidup walau tidak makan beberapa hari – Hewan berdarah dingin ialah hewan yang begitu kuat. Mereka bisa bertahan hidup saat beberapa waktu bila lingkungannya tidak menyiapkan makanan lagi. Hewan berdarah panas, seperti mamalia serta aves tidak bisa bertahan hidup tiada makanan dalam periode waktu yang lama. 


2. Contoh Hewan Berdarah Dingin 


Seperti yang sudah dijelaskan awal mulanya, yang termasuk juga ke hewan berdarah dingin ialah reptil, serangga, arakhnida, amfibi, serta ikan.


  • Arachnida – Arachnida adalah hewan invertebrata yang termasuk juga hewan berdarah dingin. Laba-laba serta kalajengking ialah dua contoh hewan berdarah dingin. Hewan-hewan itu bisa bertahan pada suhu yang begitu dingin ataupun panas. 
  • Amfibi – Katak, buaya, serta kura-kura ialah beberapa macam hewan amfibi berdarah dingin. Ke-3 type hewan itu bisa hidup didalam air ataupun di darat. 
  • Ikan – Ikan adalah salah satunya hewan vertebrata berdarah dingin. Ikan mempunyai potensi sesuaikan suhu badan dengan begitu baik. Saat siang hari, suhu badan ikan akan bertambah, sama dengan suhu tempat ia tinggal. Sedang saat malam hari, suhu tubuhnya akan alami penurunan sesuaikan lingkungannya yang dingin. 
  • Reptil – Kadal serta ular adalah contoh-contoh hewan berdarah dingin yang masuk dalam kelompok reptil. Reptil adalah type hewan berdarah dingin yang bisa bertahan hidup tiada makan saat beberapa hari. Bahkan juga ular bisa bertahan hidup walau 3 bulan tidak makan. Beberapa macam reptil akan lakukan hibernasi saat musim dingin datang. 
  • Serangga – Semua type serangga masuk ke kelompok hewan berdarah dingin invertebrata. Serangga umumnya akan beralih tempat untuk sesuaikan suhu badan. Bahkan juga seringkali didapati sekumpulan belalang akan lakukan migrasi dari tempat yang tandus ke arah tempat dengan suhu lingkungan yang dingin.


Berikut adalah penjelasan dari hewan berdarah dingin dan panas beserta contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar