Jumat, 21 September 2018

Daur Hidup Katak Komplet serta Penuturannya

Jenis Jenis Binatang Di Dunia - Katak adalah salah satunya type amfibi pemakan serangga. Katak atau kodok begitu gampang diketemukan di Indonesia sebab katak adalah yang mempunyai beberapa ciri makhluk hidup yang hidupnya pada tempat yang mempunyai suhu panas dengan kelembaban yang tinggi. katak mempunyai badan yang relatif lebih kecil dibanding dengan saudaraya kodok. Katak sendiri mempunyai kulit licin dengan warna yang beragam jenis hijau, coklat, merah bahkan juga kuning sama dengan macamnya semasing sedang untuk kodok mempunyai kulit yang realtif lebih keras dan berbintik-bintik. Katak sendiri dapat diketemukan dengan gampang di ruang sawah, rawa atau rimba. Tempat itu begitu baik untuk katak sebab mempunyai suhu yang cocok untuk tubuhnya.
Daur Hidup Katak Komplet serta Penuturannya
Katak alami proses metamorfosa atau daur hidup sendiri yang unik. Katak sendiri adalah hewan yang dapat hidup di dua alam saat telah dewasa hingga katak mempunyai metamorfosa yang lainnya dari hewan yang lainnya. Akan tetapi, waktu berlangsung perkawinan serta proses bertelur dikerjakan didalam air. Saat bertelur, katak dapat mengasilkan dari 5000 sampai 20000 telur sekali bertelur. Telur katak ditempelkan di tumbuhan di air atau di pohon-pohon lembab buat katak yang hidup di rimba.

Berikut keterangan dari daur hidup katak yang akan diterangkan satu-satu. Berikut penuturannya :

Telur 


  1. Proses pertama datang dari telur. Katak bisa bertelur dalam jumlahnya yang begitu sangat banyak bertelur akan tetapi tidak semua telur akan menetas serta jadi katak. Hal seperti ini akan bergantung dari aspek internal serta aspek external yang berlangsung pada telur katak. 
  2. Aspek internal di pengaruhi oleh gen dari induk telur katak tersebut, bila induk katak mempunyai gen yang bagus jadi telur akan bagus serta tidak gampang rusak. Struktur dari telur katak tersebut berbentuk bulatan kenyal yang begitu gampang rusak. Di dalamnya juga diperlengkapi seperti kuning telur menjadi sumber makanan buat telur katak hanya satu. 
  3. Aspek external yang bisa memengaruhi telur katak salah satunya ialah arus air, predator pemangsan telur katak dan tingkah manusia. Oleh karenanya air adalah tempat yang begitu pas untuk mengembangbiakan telur katak agar terlepas dari beberapa hal yang tidak diharapkan itu. 
  4. Untuk katak yang hidup di pohon, telurnya akan mempunyai cangkang busa yang berperan membuat perlindungan telur dari suhu panas sedang untuk katak yang hidup di rimba umumnya telur akan diletakkan di punggung si jantan serta melindunginya dari bahaya. Telur katak akan menetas jadi larva katak sesudah 21 hari.


Tadpole (kecebong) 


  1. Sesudah telur katak jadi larva yang lalu dimaksud dengan kecebong, mereka tetap akan memercayakan kuning telur dari bekas telurnya dulu menjadi sumber makanan sampai mereka ada di umur sekurang-kurangnya 7-10 hari. 
  2. Pada umur kurang dari 7 hari, katak masih tetap begitu lemah serta organ tubuhnya belumlah tercipta dengan prima. Sampai pada umur 7-10 hari, kecebong telah mempunyai organ badan yang prima serta dapat bisa mulai mencari makan sendiri berbentuk alga air. Pada umur ini kecebong bernafas dengan memakai insang sampai pada minggu ke 4 insang kecebong akan mulai tertutup oleh kulit serta masuk didalam badan hingga lamba laun sesudah jadi katak muda akan mulai bernafas memakai paru-paru dan mulai tercipta gigi yang tipis. 
  3. Pada minggu ke 6 kecebong ini mulai tunjukkan jati dianya menjadi katak sebab mulai tercipta kaki. Ada 4 kaki yakni dua di muka serta dua lagi dibelakang dengan ukuran yang lebih panjang. pada babak ini katak muda mulai mengonsumsi makanan berbentuk serangga akan tetapi serangga yang telah mati serta masuk di air akan tetapi juga masih tetap mengonsumsi tumbuhan sebab belumlah maksimal dalam mencari serangga. Sampai pada minggu ke 9 katak telah jadi kecebong ini telah beralih bentuk jadi katak muda. 

Katak muda 


Babak ini akan berlangsung saat katak berumur 12 minggu. Pada babak ini katak masih tetap mempunyai ekor dari kecebong akan tetapi begitu pendek serta hampir tidak tampak. Katak juga mulai memakai paru-paru menjadi alat pernafasannya yang permanen. Katak memulai dapat hidup di daratan dan sesuaikan dianya dengan konsumsi makanan berbentuk serangga baik yang telah mati ataupun yang hidup. Proses rekonsilasi diri ini dikerjakan katak agar saat mereka telah jadi katak dewasa dianya dapat mandiri serta hindari bahaya dari beberapa predator. 

Katak dewasa 

Katak dewasa adalah katak yang berumur 12 sampai 16 minggu. Untuk babak ini katak sudah mempunyai bentuk yang prima serta jadi predator serangga-serangga kecil yang ada di sekelilingnya. Katak akan habiskan hidupnya sejumlah besar di daratan serta akan kembali didalam air biota laut bila dianya mulai lakukan perkawinan serta proses bertelur sampai telurnya menetas. Predator dari telur katak diantaranya ialah ular, ikan, belut, biawak serta hewan besar yang lain yang berada di lingkungan sekitar telur itu ada. Sedang beberapa predator katak diantaranya ialah ular, burung elang, serta biawak. 

Habitat katak serta Jenisnya 

Katak condong hidup di daerah yang mempunyai hawa panas oleh karenanya makin dingin satu tempat akan makin dikit juga katak yang dapat diketemukan. Katak bisa didapati dengan gampang di daerah persawahan. Katak hidup dengan soliter akan tetapi bila dianya telah mempunyai telur, katak bisa menjadi induk yang baik sebab tetap berupaya mengawasi semaksimal mungkin telur-telurnya agar dapat menetas serta tidak dimangsa oleh beberapa predator. Saat akan kawin, katak akan keluarkan bunyi spesifik untuk memukau beberapa katak betina. Katak mempunyai skema pertahanan lewat cara dapat melompat jauh dalam waktu cepat mata seperti beberapa jenis kelinci yang mempunyai skema pertahanan seperti katak serta ada banyak type katak yang mempunyai toksin mematikan menjadi pertahanan diri waktu bertemu dengan beberapa predator. 

Beberapa jenis katak 

Type katak banyak sekali serta menyebar di beberapa belahan daerah di Indonesia. katak yang biasa diketemukan salah satunya ialah : 

  • katak bertanduk (megophrys Montana) katak gunung. 
  • bangkong sarasah (leptobrachium hasseltii) hidup di rimba. 
  • bangkong kolam (rana chalconota) yang biasa hidup di sekitar kolam. 
  • katak belentung (kaloula baleata). 
  • katak hijau (occydoziga lima) biasa diketemukan di sawah. 
  • katak sungai (Bufo asper) hidup di sekitaran daerah sungai. 
  • katak kolong ( melanoctictus) katak ini umumnya hidup di seputar rumah serta ada di sudut-sudut rumah, pada jaman dulu katak kolong ini seringkali ada di kolong-kolong tempat tidur sebab alasnya masih tetap berbentuk tanah. 
  • katak gading (rana erytharea) hidup di daerah kolam serta telaga dan rawa. 
  • katak tegalan (fejervarya limnocharis) hidup di rimba atau tegala. 
  • katak batu (limnonectes macrodon), hidup di daerah saluran air didalam rumah. 
  • katak pohon (Polypedates leucomystax), katak ini umumnya hidup di daerah kolam atau di pohon. 
  • katak kepala pipih Kalimantan (barbourulla kalimantanesis) adalah katak endemic yang cuma diketemukan di pulau Kalimantan serta sekarang ini keberadaannya telah amat sedikit atau dapat disebut hampir punah. 
  • Katak merah (Leptophryne cruentata), katak endemic daerah jawa barat Indonesia yang begitu rawan alami kepunahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar